Kunci Kebahagiaan menurut Imam Ja'far Shadiq


1- *طلبتُ الجنة، فوجدتها في السخاء*

_“Aku mencari surga, maka aku temukan pada kedermawanan”._

2- *و طلبتُ العافية، فوجدتها في العزلة*

_“Aku mencari Afiyah (keselamatan dari bencana dan kesulitan) maka aku temukan dalam menyendiri (mengisolasi diri dari keramaian yang tak berguna)”._

3- *و طلبت ثقل الميزان، فوجدته في شهادة «ان لا اله الا الله و محمد رسول الله*

_“Aku mencari beratnya timbangan amal, maka aku dapatkan dalam bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya”._

4- *و طلبت السرعة في الدخول الي الجنة، فوجدتها في العمل لله تعالي*

_“Aku mencari kesegeraan dalam memasuki surga, maka aku dapatkan pada amal kebajikan semata demi Allah SWT”._

5- *و طلبتُ حب الموت، فوجدته في تقديم المال لوجه الله*

_“Aku mencari cinta pada kematian, maka aku mendapatkan pada mengajukan (mengirim pahala sedekah) harta demi mengharap ridha Allah SWT”._

6- *و طلبت حلاوة العبادة، فوجدتها في ترك المعصية*

_“Aku mencari manisnya ibadah, maka aku temukan dalam meninggalkan maksiat”._

7- *و طلبت رقة القلب، فوجدتها في الجوع و العطش*

_“Aku mencari kelembutan hati, maka aku dapatkan dalam rasa lapar dan dahaga”._

8- *و طلبت نور القلب، فوجدته في التفكر و البكاء*

_“Aku mencari cahaya hati, maka aku temukan dalam tafakur dan tangisan”._

9- *و طلبت الجواز علي الصراط، فوجدته في الصدقة*

_“Aku mencari restu untuk melewati jembatan pemeriksaan (shirat), maka aku temukan dalam sedekah”._

10- *و طلبت نور الوجه، فوجدته في صلاة الليل*

_“Aku mencari cahaya wajah, maka aku dapatkan dalam shalat malam”._

11- *و طلبت فضل الجهاد، فوجدته في الكسب الحﻻل للعيال*

_“Aku cari keutamaan jihad maka aku dapatkan dalam mencari rizki yang halal untuk keluarga”._

12- *و طلبت حب الله عزوجل، فوجدته في بغض أهل المعاصي*

_“Aku cari kecintaan Allah maka aku dapatkan dalam membenci pelaku maksiat“._

13- *و طلبت الرئاسة، فوجدتها في النصيحة لعبادالله*

_“Aku cari kepemimpinan maka aku dapatkan dalam tulus menasihati hamba-hamba Allah“._

14- *و طلبت فراغ القلب، فوجدته في قلة المال*

_“Aku cari ketenangan hati maka aku dapatkan dalam sedikitnya harta”._

15- *و طلبت عزائم الامور، فوجدتها في الصبر*

_“Aku mencari perkara-perkara yang teguh maka aku dapatkan dalam kesabaran”._

16- *و طلبت الشرف، فوجدته في العلم*

_“Aku mencari kemuliaan maka aku dapatkan dalam ilmu”._

17- *و طلبت العبادة فوجدتها في الورع*

_“Aku mencari ibadah maka aku dapatkan dalam Wara’ (kehati-hatian dalam agama)”._

18- *و طلبت الراحة، فوجوتها في الزهد*

_“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam kezuhudan”._

19- *و طلبت الرفعة، فوجدتها في التواضع*

_“Aku mencari ketinggian maka aku temukan dalam kerendahan hati”._

20- *و طلبت العز، فوجدته في الصدق*

_“Aku mencari kejayaan maka aku temukan dalam kejujuran”._

21- *و طلبت الذلة، فوجدتها في الصوم*

_“Aku mencari kerendahan/keterhinaan maka aku dapatkan dalam berpuasa”._

22- *و طلبت الغني، فوجدته في القناعة*

_“Aku mencari kekayaan maka aku dapatkan dalam Qana’ah (kepuasaan dengan apa yang telah Allah anugerahkan_red)”._

23- *و طلبت الانس، فوجدته في قراءة القرءان*

_“Aku mencari ketentraman maka aku dapatkan dalam membaca Al Qur’an”._

24- *و طلبت صحبة الناس، فوجدتها في حسن الخلق*

_“Aku mencari persahabat dengan manusia maka aku dapatkan dalam keindahan budi pekerti”._

25- *و طلبت رضي الله، فوجدته في برالوالدين*

_“Aku mencari keridhaan Allah maka aku dapatkan dalam BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA”._

📚 _Mustadrak al Wasail; Syeikh an Nuri ath Thabarsi,15/174-174.   no. 13810_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemah Kitab Alala dalam Bahasa Jawa dan Indonesia

Shalawat Badawiyah Kubro (An-Nurooniyah) dan Fadhilahnya

Shalawat Tasmiyah