Hukum Agraria dan Perang Melawan Narkoba


HASIL KEPUTUSAN SIDANG KOMISI BAHTSUL MASAIL MUSYAWARAH KERJA CABANG (MUSKERCAB) NAHDLATUL ULAMA SUMENEP MADURA
---
Sabtu, 18 Jumadats Tsaniyah 1440 H./23 Pebruari 2019 M.

Di PP. NASY'ATUL MUTA'ALLIMIN Gapura
---

Mushahhih : KH. Hafidzi Syarbini
                  Dr. KH. A. Shafraji, M. Pd. I
Muharrir : KH. Zainur Rahman Hammam, S. Ag
                             K. Bahrul Widad Suyuthi
Pimpinan Sidang  : Ust. Zainal Abidin, M. Pd. I
Notulen : Ust. Ahmad Fauzan

A. Kepemilikan dan Penguasaan Tanah (Fiqh Agraria)

Deskripsi:

Persoalan agraria yang menyangkut masalah pembagian, peruntukan, dan pemilikan lahan, hingga kini menjadi isu panas yang tak kunjung selesai. Fakta adanya monopoli kepemilikan, pengelolaan yang berdampak pada pencemaran lingkungan, alih fungsi dan pemanfaatan lahan hingga kasus konflik sumber daya alam (SDA) menjadi pelengkap masalah yang sulit dipecahkan.

Oleh karena itu, mencari solusi yang paling feasible (mungkin dan dapat dikerjakan) atas sekian masalah tersebut harus segera ditemukan. Apalagi jika bicara pentingnya  paradigm pembangunan (mind-set) yang terkait dengan tata kelola agraria yang bermuara pada ketahanan pangan, terhindarnya dari potensi bencana serta masa depan ekonomi warga dan anak cucu di masa mendatang.

Dengan pertimbangan inilah, selain membutuhkan solusi kebijakan, perlu juga ditemukan jawaban fiqh atas masalah agraria ini mengingat kehadiran konsep Islam diharapkan bisa menjadi dasar moral dan refrensi hukum atas kebijakan yang memberikan maslahat dan menghindarkan mafsadat.

Pertanyaan:

a. Bagaimana ketentuan Islam untuk dapat memiliki dan menguasai tanah?
b. Apakah ada batasan hak milik terhadap tanah, mengingat kebutuhan tanah semakin meningkat sementara ketersediaan tanah semakin sempit sehingga tidak terjadi ketimpangan kepemilikan tanah?
c. Bolehkan negara memberikan batasan pengelolaan tanah yang dikuasai secara pribadi atau kelompok, semisal dengan pertimbangan ekologi dan karifan budaya lokal?

Jawaban:

a. Islam menentukan delapan cara untuk memiliki dan menguasai tanah, yaitu (1) pewarisan (2) mu’awadhah (semisal akad jual beli) (3) hibah (4) wasiat (5) waqaf (6) shadaqah (7) ghanimah (8) ihyaul mawat
المجموع - (ج 15 / ص 208(
أما العامر فلاهله الذى قد ملكوه بأحد أسباب التمليك وهى ثمانية: 1 - الميراث 2 - المعاوضات 3 - الهبات 4 - الوصايا 5 - الوقف 6 - الصدقات 7 - الغنيمة 8 - الاحياء. فإذا ملك عامرا من بلاد المسلمين بأحد هذه الاسباب الثمانية صار مالكه له ولحريمه ومرافقيه من بناء وطريق ومسيل ماء وغير ذلك من مرفق العامر التى لا يستغنى العامر عنها فلا يجوز ان يملك ذلك على أهل العامر باحياء ولا غيره فمن أحياه لم يملكه.
b. Dalam konsep fiqh tidak ditemukan pembatasan hak kepemilikan tanah dengan ukuran tertentu, namun negara boleh memberikan batasan, larangan hingga pencabutan kepemilikan dengan pertimbangan maslahat dan keadilan.

الفقه الإسلامي وأدلته - (ج 6 / ص 377)
وكذلك يحق للدولة التدخل في الملكيات الخاصة المشروعة لتحقيق العدل والمصلحة العامة، سواء في أصل حق الملكية، أو في منع المباح وتملك المباحات قبل الإسلام وبعده إذا أدى استعماله إلى ضرر عام، كما يتضح من مساوئ الملكية الإقطاعية، ومن هنا يحق لولي الأمر العادل أن يفرض قيوداً على الملكية في بداية إنشائها في حال إحياء الموات، فيحددها بمقدار معين، أو ينتزعها من أصحابها مع دفع تعويض عادل عنها
الفقه الإسلامي وأدلته - (ج 6 / ص 377)
كذلك يحق للدولة التدخل في الملكيات الخاصة المشروعة لتحقيق العدل والمصلحة العامة، سواء في أصل حق الملكية، أو في منع المباح وتملك المباحات قبل الإسلام وبعده إذا أدى استعماله إلى ضرر عام، كما يتضح من مساوئ الملكية الإقطاعية، ومن هنا يحق لولي الأمر العادل أن يفرض قيوداً على الملكية في بداية إنشائها في حال إحياء الموات، فيحددها بمقدار معين، أو ينتزعها من أصحابها مع دفع تعويض عادل عنها (3) إذا كان ذلك في سبيل المصلحة العامة للمسلمين (4) .
الفقه الإسلامي وأدلته - (ج 6 / ص 378)
ومن المقرر عند الفقهاء أن لولي الأمر أن ينهي إباحة الملكية بحظر يصدر منه لمصلحة تقتضيه، فيصبح ما تجاوزه أمراً محظوراً، فإن طاعة ولي الأمر واجبة بقوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا أطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولي الأمر منكم} [النساء:59/4] وأولو الأمر في السياسة والحكم: الأمراء والولاة كما روى ابن عباس وأبو هريرة، وقال الطبري: إنه أولى الأقوال بالصواب. ومن أمثلة تدخل ولي الأمر في الملكية: ما روي محمد الباقر عن أبيه علي زين العابدين أنه قال: «كان لسمرة بن جندب نخل في حائط (أي بستان) رجل من الأنصار، وكان يدخل هو وأهله فيؤذيه، فشكا الأنصاري ذلك إلى رسول الله صلّى الله عليه وسلم، فقال رسول الله لصاحب النخل: بعه، فأبى، فقال الرسول: فاقطعه، فأبى، فقال: فهبه ولك مثله في الجنة، فأبى، فالتفت الرسول إليه وقال: أنت مضار، ثم التفت إلى الأنصاري، وقال: اذهب فاقلع نخله» (1) ففي هذه الحادثة ما يدل على أن النبي صلّى الله عليه وسلم لم يحترم الملكية المعتدية، وهو القائل في القضاء في حقوق الارتفاق: «لا ضرر ولا ضرار»
(الفقه الإسلامي وأدلته , 6 , 430)
 وَلَا يَنْبَغِي لِلْإِمَامِ أَنْ يُقْطِعَ مِنَ الْمَوَاتِ إِلَّا مَا قَدَرَ الْمُقْطَعُ عَلَى إِحْيَائِهِ؛ لِأَنَّ فِي إِقْطَاعِهِ أَكْثَرَ مِنْ هَذَا الْقَدْرِ تَضْيِيقاً عَلَى النَّاسِ فِي حَقٍّ مُشْتَرَكٌ بَيْنَهُمْ ، مِمَّا لَا فَائِدَةَ فِيهِ،فَيَدْخُل بِهِ الضَّرَرُ عَلَى الْمُسْلِمِينَ

c. Boleh (mengacu pada jawaban b)

B. Perang Melawan Narkoba

Deskripsi Masalah:

 Maraknya penggunaan narkotika dan obat terlarang lainnya semakin tak terbendung. Hal itu terbukti dengan semakin massifnya pendistribusian barang tersebut di kalangan anak-anak remaja. Secara khusus, Jawa Timur pernah dinyatakan sebagai daerah provinsi dengan persebaran narkoba terbesar ke-2 di tingkat nasional dengan jumlah total pengguna sebanyak 1.145.839 pengguna. Padahal larangan penyalahgunaan narkotika sudah ditegaskan dalam Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009, bahkan ada lembaga Negara yang secara khusus menangani kasus-kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Namun ironisnya, penanganan kasus narkoba tampak kurang serius dan tuntas hingga ke akar-akarnya. Masyarakat justru dikejutkan dengan pengakuan terpidana mati kasus narkoba, Fredy Budiman yang secara terang-terangan mengungkapkan bahwa selama beberapa tahun bekerja sebagai penyelundup, ia terhitung menyetor Rp 450 Miliar ke BNN dan 90 Miliar ke oknum pejabat Mabes Polri.

Pertanyaan:

a. Dalam konteks kewajiban amar ma’ruf nahi mungkar, apakah dibenarkan masyarakat bersikap apatis (tidak peduli) dalam mencegah penggunaan obat-obat terlarang dengan alasan sudah ada aparat penegak hukum yang bertanggung jawab?
b. Bagaimana konteks amar ma’ruf nahi mungkar yang harus direalisasikan oleh umat islam dalam menanggulangi maraknya kejahatan distribusi obat-obat terlarang ini?

Sail: LBM MWC NU Gapura
Jawaban

a. Tidak dibenarkan, karena setiap orang mukmin berkewajiban mencegah kemungkaran sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, minimal mengingkari kemungkaran tersebut.
الغنية لطالبي طريق الحق- (ج 1 / ص 51)
فالمنكرون ثلاثة اقسام قسم يكون انكارهم باليد وهم الائمة والسلاطين والقسم الثانى انكارهم بالسان دون اليد وهم العلماء والقسم الثالث انكارهم بالقلب وهم العامة
روضة الطالبين وعمدة المفتين - (ج 4 / ص 4)
وأما صفة النهي عن المنكر ومراتبه فضابطه قوله صلى الله عليه وسلم " فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه " فعليه أن يغير بكل وجه أمكنه ولا يكفي الوعظ لمن أمكنه إزالته باليد ولا تكفي كراهة القلب لمن قدر على النهي باللسان وقد سبق في كتاب الغصب صفة كسر الملاهي وجملة متعلقة بالمنكرات وينبغي أن يرفق في التغيير بالجاهل وبالظالم الذي يخاف شره فإن ذلك أدعى إلى قبول قوله وإزالة المنكر وإن قدر على من يستعين به ولم يمكنه الاستقلال استعان ما لم يؤد ذلك إلى إظهار سلاح وحرب فإن عجز رفع ذلك إلى صاحب الشوكة وقد تقدم هذا في كتاب الصيال فإن عجز عن كل ذلك فعليه أن يكرهه بقلبه
b. Konsep amar ma’ruf nahi mungkar dalam kasus maraknya kejahatan distribusi obat-obat terlarang sama dengan kemungkaran lain. Salah satu tahapan yang bisa ditempuh antara lain:
1. Memperkenalkan /memberi tahu (tentang norma agama yang berisi larangan-keharaman)
2. Menasihati (dengan ucapan yang lemah lembut)
3. Memberikan peringatan keras  (tanpa menggunakan kata yang keji dan kotor)
4. Mencegah dengan tindakan yang nyata semisal pemberian sangsi, dsb (jalan yang  ditempuh tentu harus sesuai prosedur hukum yang berlaku)

إحياء علوم الدين - (ج 2 / ص 177)
الباب الرابع في أمر الأمراء والسلاطين ونهيهم عن المنكر. قد ذكرنا درجات الأمر بالمعروف وأن أوله التعريف، وثانيه الوعظ، وثالثه التخشين في القول، ورابعه المنع بالقهر في الحمل على الحق بالضرب والعقوبة. والجائز من جملة ذلك مع السلاطين الرتبتان الأوليان وهما: التعريف والوعظ. وأما المنع بالقهر فليس ذلك لآحاد الرعية مع السلطان، فإن ذلك يحرك الفتنة ويهيج الشر، ويكون ما يتولد منه من المحذور أكثر، وأما التخشين في القول كقوله: يا ظالم يا من لا يخاف الله وما يجري مجراه فذاك إن كان يحرك فتنة يتعدى شرها إلى غيره لم يجز، وإن كان لا يخاف إلا على نفسه فهو جائز بل مندوب إليه. فلقد كان من عادة السلف التعرض للأخطار والتصريح بالإنكار من غير مبالاة بهلاك المهجة والتعرض لأنواع العذاب لعلمهم بأن ذلك شهادة

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjemah Kitab Alala dalam Bahasa Jawa dan Indonesia

Shalawat Badawiyah Kubro (An-Nurooniyah) dan Fadhilahnya

Shalawat Tasmiyah