Benarkah Lafadz Kullu Bid'atin Dhalalah Berarti Semua Bid'ah Sesat?


Dalam At-Tahdzib Al-Asma’ wa Al-Lughot bahwa kalimat  “Al-Bid’ah”  itu dibaca kasroh huruf “ba’-nya” di dalam Pemahaman agama yaitu perkara baru yang tidak ada dimasa Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam & dia terbagi menjadi dua baik & buruk

Untuk membuktikan adanya dua macam makna ‘kullu’ ini, dalam kitab mantiq ‘Sullamul Munauruq’ oleh Imam Al-Akhdhori yg telah diberi syarah oleh Syeikh Ahmad al-Malawi dan diberi Hasyiah oleh Syeikh Muhamad bin Ali as-Shobban  Dan Dalam kitab Nubdzatul Bayan Karangan nya RKH Abdul Majid pamelasan Madura santrimya RKH Kholil Bangkalan Gurunya KH Hasyim ASy’ari Pendiri NU Tertulis:

الكل حكمنا على المجموع ٠ ككل ذاك ليس ذا وقوع

وحيثما لكل فرد حكما٠ فإنه كلية قد علما

شرح السلم الملوي ص ٧٨ حتى ٨٠

نبذة البيان ص ٤٩ حتى ٥٠

“Kullu itu kita hukumkan untuk majmu’ (sebagian atau sekelompok) seperti Sebagian itu tidak pernah terjadi, Dan jika kita hukumkan untuk tiap-tiap satuan Maka dia adalah kulliyyah (jami’ atau keseluruhan) yg sudah dimaklumi”

كل بدعة .الخ.
Itu besifat umum bukan khos..
Sedangkan setiap hal yg bersifat umum pastilah menerima pengecualian. Ini sesuai dengan pendapat Imam Nawawi RA

قوله وكل بدعة ضلالة هذا عام مخصول والمراد غالب البدع

“Sabda Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam, “semua bid’ah adalah sesat” ini adalah kata-kata umum yg dibatasi jangkauannya. Maksud “semua bid’ah itu sesat”, adalah sebagian besar bid’ah itu sesat, bukan seluruhnya” (Syarh Shahih Muslim, juz 6 hal 154).

Sifat bid'ah itu ada dua ada yang baik dan ada yang buruk

Coba simak ayat di bawah ini

وكان وراءهم ملك يأخذ كل سفينة غصبا الأية ألكهف اية ٧٩
Artinya : Di belakang mereka ada raja yg akan merampas semua kapal dengan paksa “Al-Kahfi : 79

Keterangan Pelengkap Dalam Tafsir Ash-Showi Juz 3 Hal 28 cetakan Al-Hidayah

قوله سفينة اي صالحة وشرحه اي صحيحة

تفسير الصاوي ج ٣ ص ٢٨

Dalam ayat tersebut Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menyebutkan kapal yg baik adalah KAPAL JELEK karena yg jelek tidak mungkin diambil oleh raja

Maka lafadz  كل سفينة    sama dengan  كل بدعة

Alias sama-sama tidak disebutkan Sifatnya Walaupun pasti punya sifat ialah kapal yg baik

قوله سفينة اي صالحة وشرحه اي صحيحة

تفسير الصاوي ج ٣ ص٢٨

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shalawat Badawiyah Kubro (An-Nurooniyah) dan Fadhilahnya

Terjemah Kitab Alala dalam Bahasa Jawa dan Indonesia

Shalawat Tasmiyah